December 1, 2020

Josep Guardiola Berpotensi Bikin Man City Berada di Jurang Keterpurukan

Mantan pelatih timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson, menekankan pentingnya Josep Guardiola bagi Manchester City. Andai sang manajer pindah pada musim depan, Man City diprediksi bakal langsung ambyar.

Manchester City kini berada dalam situasi yang sulit. The Citizen yang telah membangun skuad hebat baru saja mendapat kabar buruk. Kabar itu adalah sanksi dari UEFA akibat melanggar aturan FFP.

Man City mendapat sanksi yang sangat berat. Bukan hanya sanksi finansial, Man City juga tidak boleh berlaga di kompetisi Eropa selama dua musim. Tentu saja ini menjadi pukulan telak bagi klub dan para pemain.

Man City telah mengajukan banding atas sanksi tersebut kepada CAS. Akan tetapi, belum ada keputusan resmi. Peluang banding Man City dikabulkan diprediksi kecil dan klub harus siap dengan resikonya.

Bisa Apa Man City Tanpa Pep Guardiola?

Tanpa partisipasi di kompetisi Eropa, sejumlah pemain kunci Man City membuka peluang pindah klub. Ada nama Raheem Sterling dan Kevin De Bruyne yang mempertimbangkan masa depannya. Meraka punya ambisi besar di Eropa.

Namun, lebih dari kedua pemain, Sven-Goran Eriksson menilai sosok Pep Guardiola yang punya peran sangat penting. Kontraknya tinggal setahun dan sejauh ini belum ada kepastian soal kontrak baru.

“Tentu saja, dia sangat penting,” ucap Sven-Goran Eriksson dikutip dari AS.

“Pep Guardiola dianggap sebagai salah satu yang terbaik, jika bukan yang terbaik. Dia berada di level itu begitu lama. Kehilangan Pep sebelum kontraknya berakhir akan membawa dampak buruk bagi Man City: bagi fans, pemain, dan klub.”

“Itu bukan pesan yang baik. Saya harap mereka melakukan segalanya untuk mempertahankan Guardiola, paling tidak hingga kontraknya usai,” kata Sven-Goran Eriksson.

Josep Guardiola Bakal Pindah?

Josep Guardiola memang belum duduk dengan Man City untuk membahas kontrak baru. Namun, manajer asal Spanyol tersebut memastikan jika dia punya komitmen tinggal di Man City. Paling tidak hingga kontraknya habis.

Saya telah mengatakannya berulang kali, kecuali kalau klub memecat saya, saya akan bertahan 100 persen. Sudah pasti, saya akan tinggal di sini untuk musim depan,” ujar Guardiola seperti yang dikutip dari Goal International.

“Saya menikmati bekerja dengan mereka [Manchester City] dan saya suka, namu meski semuanya berjalan buruk dan kami tidak ikut Liga Champions, saya tidak akan pergi,” lanjutnya.